Said Tuhuleley: Pentingnya Spirit Al Maa’uun Di Tengah Kemiskinan dan Kemelaratan

Posted by KahfiMedia Friday, October 11, 2013 0 comments

Semakin tersudutnya kemandirian bangsa di tengah kapitalisasi global, membuat sisi mikro perekonomian bangsa meradang. Akibat yang paling nyata dari kondisi seperti ini adalah semakin meningkatnya kemiskinan dan menurunnya kualitas hidup masyarakat. Oleh Hal inilah yang sangat dikhawatirkan oleh Muhammadiyah seperti yang diungkapkan oleh Said Tuhuleley selaku Ketua MPM PP Muhammadiyah.

“Persoalan menjadi lebih nyata jika realitas dunia saat ini diamati. Salah satu persoalan besar dunia yang dihadapi hampir semua negara adalah ketidakcukupan pangan”. Ujar dosen UMY ini.

Said juga menjelaskan terkait Kondisi kemiskinan dan kemelaratan ini menjadi perhatian penting dalam agama Islam, bahkan kekufuran seseorang tidak hanya terletak pda aspek imanen (keberimanan) kepada selain Allah, akan tetapi juga meliputi terhadap ketidakberpihakan manusia terhadap kaum dhu’afa dan mustad’afin. “Bagaimana tidak! Iman dan kufur dalam Surat Al Maa’uun diukur tidak semata-mata dari mempersekutukan Allah atau Mengesakan Allah, tetapi dari berpihak atau tidak berpihak pada kaum miskin”. Dan “Jika spirit Al-Maa’uun dikembangkan, maka dapat kita katakan bahwa perhatian penuh  pada kaum miskin, sudah barang tentu dengan upaya penanggulangan kemiskinan, adalah bagian dari kewajiban keagamaan, dan mereka yang tidak memberi perhatian penuh pada kaum miskin dan berusaha memecahkan masalah kaum miskin dikategorikan pendusta agama”.

Bahkan Said menginterpretasikan tentang entitas pendusta agama tidak hanya pada ranah individual, juga masuk kepada kelompok atau organisasi  yang tidak melakukan ikhtiar dalam memecahkan masalah kemiskinan.

“Kalau kita coba melanjutkan pengembangan spirit ini secara lebih teknis, maka dapat dikatakan bahwa para penggerak organisasi kemasyarakatan yang sejak program kerjanya tidak mencantumkan ikhtiar guna memecahkan masalah kemiskinan, termasuk dalam kelompok pendusta agama”. Tegasnya.

Oleh sebab itu sangat pentingnya spirit Al Maa’uun sebagai implementasi nilai-nilai sosial dalam Islam untuk mewujudkan masyarakat yang terberdayakan.  (IJS)


Sumber: mpm.muhammadiyah.or.id

0 comments:

Post a Comment

Terbanyak Dibaca

Sosok

Risalah

Catatan

Kabar

Halaman Dilihat