Diklatsar KOKAM Berjalan Sukses

Posted by KahfiMedia Sunday, November 10, 2013 0 comments


Pada sabtu-ahad, 9-10/11/2013 PCPM Minggir khususnya bidang KOKAM sukses menggelar pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) KOKAM tingkat kecamatan Minggir. Kegiatan ini berlangsung di SD Muhammadiyah Tengahan Sendangagung Minggir, sejak sabtu hingga ahad pagi. Kader KOKAM yang ikut tercatat sebanyak 15 orang.

Terdiri dari 2 orang utusan Sendangarum (Randat dan Ahmad Kurniadi), 4 orang utusan Sendangmulyo (Yoni, Didin, Ariska, dan Panggung), serta 9 orang utusan dari Sendangagung (Bagus, Rahmat, Riswanto, Nanang, Hendro, Agung, Nugroho, Wawan, dan Iswantoro). Sedangkan dua ranting yang tidak mengirimkan wakilnya adalah Sendangrejo dan Sendangsari.

Pada Diklatsar jilid pertama ini, terdiri dari 3 sesi yakni malam hari sesi kelas dengan dua materi, KeMuhammadiyahan dan KeKOKAMan. Materi Kemuhammadiyahan disampaikan langsung oleh ketua PCM Minggir, Ust. Nurhadi, S. Ag. Dalam materinya beliau menyampaikan pentingnya untuk menjaga semangat dalam bermuhammadiyah. KH. Ahmad Dahlan yang bukan seorang sarjana, ternyata mampu menggerakkan dan menginspirasi sekian banyak orang untuk berbuat, bukan hanya beretorika.

Sedangkan materi Kekokaman disampaikan langsung oleh Komandan Operasional KOKAM Kabupaten Sleman, Muhammad Hidayatul Abrar. Dalam kajiannya, beliau mengajak untuk meluruskan niat dalam berKOKAM. KOKAM dan Muhammadiyah hanyalah satu jalan, yang bisa tumpul, benkok atau melenceng. Maka perlu koreksi dan evaluasi. Sedangkan tujuan utama dari Muhammadiyah adalah tegaknya Islam yang sesuai dengan Al Quran dan Sunnah. Maka beliau heran jika ada orang Muhammadiyah membabi buta membela gerakan ini seolah tanpa cela.

Dini harinya, shalat tahajud dan kajian bakda subuh, dipimpin langsung oleh Ust. H. Wahyudi, S. Ag. S. IP. dalam kajiannya beliau megajak kepada kader-kader KOKAM untuk terus berdakwah dengan konsisten.

Sedangkan materi yang terakhir ialah baris-berbaris yang dipimpin langsung oleh pembina paskibraka Kecamatan Minggir yang juga anggota Polsek Minggir, yakni Bapak Suprihatin dan Bapak Endri Destanta. Kegiatan lapangan ini dilaksanakan di halaman SD Muhammadiyah Tengahan. Berakhir pukul 07.15 WIB.


Untuk Diklatsar jilid 2 rencana akan digelar di tempat yang sama pada pekan depan, sabtu-ahad, 16-17 Nopember 2013. Dengan materi lanjutan, antara lain P3K, Survival, Pionering dan Jelajah malam. Bagi para pemuda di Kecamatan Minggir dan sekitarnya yang berminat bisa mendaftarkan diri kepada panitia. [esp]

0 comments:

Post a Comment

Terbanyak Dibaca

Sosok

Risalah

Catatan

Kabar

Halaman Dilihat