[Seri Dakwah 2] Meluruskan Shaf, Membangun Ukhuwah

Posted by KahfiMedia Thursday, January 10, 2013 0 comments

Muslim itu terhubung oleh kesamaan Aqidah. Persaudaraan yang dibangun atas kesamaan iman akan lebih kuat ketimbang dibangun di atas perkara lainnya.

"Orang mukmin bagi orang mukmin lainnya seperti bangunan, satu sama lain saling menguatkan". Dan Rasulullah SAW menjalike jari-jarinya. (Muttafaq’alaih).

Dan beliau Salallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda:
"Perumpamaan orang-orang mukmin dalam saling cinta, saling belas kasihnya dan saling perhatiannya laksanan badan jika salah satu anggota ada yang sakit, maka yang lainnya merasa mengeluh dan panas". (Muttafaq ’alaih).

"Hampir-hampir umat lain bersekongkol mengeroyok kalian seperti orang-orang makan mengeroyok makanan dari nampan. Seorang bertanya: Apakah kita di saat itu sedikit Wahai Rasulallah? Beliau menjawab: Bahkan kalian banyak tetapi kalian seperti buih banjir. Dan Allah mengambil dari hati-hati musuhmu rasa takut terhadap kalian, lalu Allah memasukkan di hatimu (penyakit) wahan. Kami (para sahabat) bertanya: Wahai Rasulallah apa itu wahan? Beliau menjawab: Cinta dunia dan benci mati.” (HR Ahmad dan Abu Daud)

"Dan berpegang eratlah kalian semua dengan tali Allah dan janganlah berpecah belah" . (Ali Imran: 103).

Imam Qurthubi: Dalam memahami kalimat "berpegang teguhlah pada tali Allah" beliau mengatakan, 'Sesungguhnya Allah memerintahkan kita untuk selalu bersatu dan melarang kita untuk berpecah belah. Sungguh perpecahan itu adalah suatu kehancuran, sebaliknya persatuan (ukhuwah Islamiyah) adalah keberhasilan karena berpegang teguh pada tali Allah; maka berpegang teguhlah dengan taliNya yang kuat (al-'urwatul wutsqa) yaitu Kitabullah.'

Bersabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, artinya: "Janganlah kalian saling hasud/dengki, saling marah, saling memutuskan (persaudaraan) dan janganlah kalian saling bermusuhan, akan tetapi jadilah hamba Allah yang bersaudara." (HR. Muslim).

0 comments:

Post a Comment

Terbanyak Dibaca

Sosok

Risalah

Catatan

Kabar

Halaman Dilihat