Titip Pesan untuk Muktamirin, Karena Kami Tak Bisa ke Makassar

Posted by KahfiMedia Sunday, August 2, 2015 0 comments


Assalamu’alaykum wa rahamtullahi wa baraktuh

Muktamar Muhammadiyah ke-47 siap digelar di Makassar. Beragam kabar telah tersebar baik di media cetak dan elektronik. Bahkan pada hari Sabtu (1/7) kemarin, dalam dua koran yang diantar Pak Loper ke rumah, ketika sorenya saya buka keduanya memuat ucapan selamat dan sukses muktamar, dengan satu halaman penuh. Lengkap dengan logo berbagai amal usaha Muhammadiyah. Hebat!

Logo Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar


Tak ketinggalan, aneka rupa foto dan status para penggembira pun telah tersebar luas. Seperti telah mereguk satu rasa puas. Sebagian foto di berlatar pesawat yang hendak tinggal landas, sebagian lagi berfoto bersama rombongan penggembira. Status media sosial pun hampir serupa, ada yang berkabar sedang di bandara, ada yang berkabar sedang mencicipi makanan khas Makassar. Bangga!

Tentu mereka adalah orang-orang terpilih dan terbaik dari masing-masing daerahnya, yang berkesempatan merasakan langsung semarak Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar. Kehadiran mereka bukanlah sekedar berwisata, melainkan memiliki niat untuk ikut mensukseskan gelaran muktamar. Sedang, ada banyak lainnya para kader dan simpatisan Muhammadiyah yang tak bisa berangkat ke Makassar dengan berbagai alasan dan keterbatasan. Meski saya percaya semangat dan totalitas mereka di persyarikatan tak perlu diragukan. Belum beruntung!

Lewat tulisan ini perkenankan saya menyampaikan beberapa hal, sebab tak bisa ikut langsung ke Makassar.
Kepada para penggembira :
1.    Mantapkan niat untuk ikut mensukseskan muktamar, tak sekedar wisata atau mencari sebuah rasa bangga.
2.    Menjadi tamu yang baik, mandiri, tidak perlu manja dan tetap menjaga adab dan sopan santun. Satu dua tiga kekurangan panitia, tak perlu diekpose ke media sosial, sampaikan masukan dan saran secara efektif dan elegan. Tak perlu semua dunia tahu.
3.    Ikuti setiap kegiatan yang memungkinkan, dalam rangkaian muktamar dengan tertib.
4.    Sampaikan kabar, status, upload foto, yang memberikan informasi bukan sekedar untuk memamerkan diri. Syukur-syukur informasi yang menginspirasi dan menyemangati.
5.    Buat catatan ringkas tentang sesuatu yang bisa dipetik dari rangkaian muktamar, dan sampaikan sebagai laporan ke daerah masing-masing. Agar semangat Muhammadiyah kian menyala.

Kepada muktamirin yang memiliki hak untuk memilih pemimpin.
1.    Pilih kader yang kober (siap meluangkan waktu, fokus mengurus Muhammadiyah) tak sekedar kader yang pinter.
2.    Muhammadiyah telah berkembang begitu besar, jadi jangan kecilkan ia dengan cara dan tindakan yang hanya mengutamakan kepentingan praktis dan sesaat.
3.    Muhammadiyah bukan hanya golongan akademisi, intelektual dan kalangan berpendidikan, melainkan mereka juga ada yang berasal dari golongan berpikiran sederhana, jangan abaikan mereka. Rancang program yang menyasar mereka agar lebih berdaya.
4.    Suksesnya muktamar bukanlah dilihat dari seberapa gemebyar acara yang berlangsung, seberapa banyak penggembira yang berkunjung, atau ramainya media peliput yang tak terhitung. Melainkan terpilihnya pemimpin yang amanah, berkemampuan dan siap berkhidmat menjalankan tugasnya fokus mengurusi Muhammadiyah, dan tercapainya kesepakatan program yang membawa kemanfaatan.
Kepada Panitia Muktamar, semoga diberi kekuatan, kesehatan dan kesabaran dalam mengurusi rangakaian acara. Hindari segala bentuk pemborosan, apapun alasannya pemborosan adalah bagian dari kezaliman dalam mengelola dana dari warga Muhammadiyah.

Salam hormat dari kami
Wassalamu’alaykum wa rahmatullahi wa barakatuh


Anggota ranting yang tak bisa ke Makassar.

0 comments:

Post a Comment

Terbanyak Dibaca

Sosok

Risalah

Catatan

Kabar

Halaman Dilihat