Gesang, Maestro Keroncong Itu Ternyata Anggota HW Muhammadiyah

Posted by KahfiMedia Thursday, September 15, 2016 0 comments
Tak banyak orang tahu, bahwa Gesang Martohartono, atau lebih dikenal dengan panggilan Gesang adalah anggota Hizbul Wathan (HW), kepanduan milik Muhammadiyah. Pria kelahiran Surakarta 1 Oktober 1917 tersebut semasa muda pernah aktif di HW.ng pencipta lagu Bengawan Solo yang melegenda itu ternyata pernah aktif menjadi anggota

sumber: www.slideshare.net


Hal tersebut ditegaskan oleh H. Dimyati, B.A. yang pernah menjabat sebagai Ketua Kwarda Kepanduan HW Kota Surakarta. Pada satu kesempatan, HW Kota Surakarta pernah mengundang Gesang untuk menyanyikan lagu Bengawan Solo, dan alunan keroncong itu disambut haru oleh segenap hadirin. Tak terkecuali Gesang pun iku terharu.

Selain lagu Bengawan Solo, beberapa lagu karya Gesang yang terkenal antara lain : Jembatan Merah, Pamitan dan Caping Gunung. Maestro Keroncong yang pernah aktif di HW tersebut juga mendapat banyak penghargaan baik dari dalam negeri maupun luar negeri, atas ketekunan dan prestasinya dalam dunia seni musik, terutama keroncong.

Pada akhir hayatnya, Gesang pun mempercayakan perawatannya di Rumah Sakit milik Muhammadiyah yakni RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Ia meninggal pada 20 Mei 2010 sekira jam 18.10 WIB di RS PKU Muhammadiyah.

Semoga semangat dan keteladanan Gesang bisa menginspirasi generasi muda Islam, khususnya generasi Muhammadiyah. [ad]


0 comments:

Post a Comment

Terbanyak Dibaca

Sosok

Risalah

Catatan

Kabar

Halaman Dilihat