Dakwah dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Apa Bedanya?

Posted by KahfiMedia Thursday, January 10, 2013 0 comments

Tentang ini ada beberapa pendapat. Pertama, dakwah dan amr ma’ruf nahi munkar dianggap serupa, karena muatan keduanya sama. Kedua, ada juga yang menganggap keduanya memiliki keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan. Tetapi marilah kita simak pendapat Muhammad Husain Fadhlullah dalam bukunya Metodologi Dakwah Dalam Alquran, bahwa dakwah tidak sekedar amr ma’ruf nahi munkar.

Dakwah memiliki cakupan yang lebih luas. Menurut Husain Fadhlullah secara kebahasaan (etimologi) kata dakwah juga mencakup aktivitas amr ma’ruf nahi munkar. Kegiatan amr ma’ruf nahi munkar merupakan salah satu bentuk pelaksanaan dakwah dengan mengajak seseorang kepada kebaikan serta mengajak seseorang untuk meninggalkan kemaksiatan. Jadi dalam keduanya terdapat ajakan untuk berbuat baik dengan melakukan kebajikan dan meninggalkan perbuatan yang munkar.

Tetapi dakwah memiliki makna yang lebih dari itu. Dakwah adalah mengajak seseorang  menuju keridhaan Allah. Dakwah merupakan pijakan pertama manusia dalam meniti jalan Allah. Sehingga dakwah diharapkan dapat sebagai pemisah antara satu ideologi dengan ideologi lain, pembeda antara satu teori dengan teori lain, dan pembatas antara satu model kehidupan dengan model kehidupan lain.
Amr ma’ruf nahi munkar lebih bersifat internal untuk memperbaiki keadaan muslim sendiri agar tetap berpegang kepada Islam sekaligus berperilaku sesuai dengan ajaran Islam. Sedangkan dakwah juga melingkupi menyeru kepada orang non-muslim agar mau menjadi muslim. Membimbing mereka yang tersesat agar kembali kepada kebenaran, memberi ketenteraman bagi mereka yang terancam dan memberi ketenangan bagi mereka yang gelisah. Itulah dakwah.

Setelah membaca bahasan di muka, mungkin sudah paham tentang dakwah. Dalam prakteknya kita akan sering menjumpai istilah yang diidentikan dengan dakwah yakni amr ma’ruf nahi munkar. Keduanya memiliki kaitan yang erat. Dakwah adalah usaha mengajak manusia yang belum mengenal Islam agar tahu tentang Islam, kemudian mereka yang sudah memeluk Islam agar mau melaksanakan ajarannya dengan konsisten dan menyeluruh, serta mengajak kepada suatu kebaikan, dan orang yang baik agar menjadi lebih baik lagi. Sedangkan amar ma’ruf nahi munkar berarti mengajak manusia kepada perbuatan yang baik, atau makruf serta meninggalkan/mencegah manusia dari perbuatan jahat. Sehingga sebenarnya keduanya memiliki arti yang sama hanya saja dakwah lebih luas cakupannya. [eko]

0 comments:

Post a Comment

Terbanyak Dibaca

Sosok

Risalah

Catatan

Kabar

Halaman Dilihat