Penyesalan Mantan Bintang Iklan Rokok

Posted by KahfiMedia Sunday, April 13, 2014 0 comments
“Setiap orang tentu punya dosa, ini bedanya. Insinyur kelas dunia yg menyesal jd bintang iklan rokok.” (esp)

Beberapa tahun yang lalu saya pernah melihat sebuah billboard iklan rokok yang menggambarkan seorang arsitek "kelas dunia" . Tapi baru tahun lalu saya tahu bahwa model iklan tersebut adalah seorang insinyur yang akhirnya terpilih jadi walikota Bandung.



Beberapa hari lalu saya baru tahu bahwa sang arsitek sangat menyesal mengapa dulu dia mau jadi model iklan rokok. Dalam sebuah slide presentasi, saya baca kalimat penyesalan beliau :
"Satu satunya penyesalan terbesar dalam hidup saya adalah mengapa mau jadi figur Arsitek Kelas Dunia di iklan Clas Mild, sedangkan rokok adalah pembunuh terbanyak manusia" (Ir Ridwan Kamil - Walikota Bandung)

Saat membacanya pertama kali, saya benar benar merinding karena terharu. Banyak model iklan rokok kelas dunia yang menyesal menjadi model iklan rokok setelah terkena penyakit akibat barang yang diiklankannya itu.

Sebut saja Alan Landers , model iklan rokok Winston yang sangat menderita di akhir hidupnya karena kanker paru stadium lanjut. Juga Wayne Mc Laren dan David Mc Lean , keduanya model iklan rokok Marlboro yang juga meninggal akibat kanker .

Di Indonesia banyak model iklan rokok yang mereka umumnya sangat terkenal, namun samasekali tidak merasa ada masalah dengan perbuatan mereka mengiklankan benda yang full racun itu.

Itulah sebabnya saya sangat terharu dan sangat menaruh hormat kepada Ir Ridwan Kamil saat membaca "pengakuan dosanya" itu. Kira kira apa yang membuat sang maestro menyesali perbuatannya itu ?
Menurut saya hanya satu : Akal budi.


Sumber: akun facebook Fuad Baradja III

0 comments:

Post a Comment

Terbanyak Dibaca

Sosok

Risalah

Catatan

Kabar

Halaman Dilihat