Aplikasi Fastabiqul Khairat; Analogi Dua Rumah Makan

Posted by KahfiMedia Wednesday, April 2, 2014 0 comments
Buatlah Muhammadiyah menjadi rumah yang nyaman maka roda kaderisasi akan terus berjalan. Sehingga tidak memaksa orang lain dalam ketidaknyamanan dalam ber-Muhammadiyah. Jika Islam saja mengajarkan agar bisa beragama dengan nyaman, mengapa organisasi dakwah yang seharusnya menuju ke sana justru tak nyaman?



Terkadang kita terjebak dalam wacana, karena lontaran ide para tetua yang tak selalu memahami kondisi di akar rumput. Dengan mudahnya menjustifikasi sebuah gerakan sebagai musuh, ancaman dan patut diwaspadai secara tak proporsional. Saya teringat analogi dua buah rumah (warung) makan yang biasa dibincangkan dengan rekan.

Jika ada dua buah rumah makan, satu rumah makan telah lama berdiri. Pengunjungnya cukup ramai. Di satu ketika di sebelahnya berdiri rumah makan baru. Pelan tapi pasti kehadiran warung ini mengurangi pelanggan warung lama. Sehari dua hari tak menjadi masalah maka warung lama tak menanggapinya dengan serius. Tak mengubah apapun. Tetap dengan pelayanan seperti biasanya. Namun berganti bulan, warung baru semakin ramai, berbanding terbalik dengan warung lama.

Para pengelola warung lama tampak kewalahan. Mereka mencoba berbagai cara untuk mengatasi kesenjangan. Sebagian berpikiran memandang orang pihak lain. Bbagaimana ‘menghancurkan’ reputasi warung baru. Dengan harapan para pelanggan kembali kepada mereka. Sebagian melihat kondisi diri. Berpikir bagaimana memperbaiki pelayanan, meracik menu istimewa, meninjau kembali harga, mempercantik fisik warung dan sebagainya.


Dalam tulisan saya sebelumnya, vitalitas dalam rivalitas, adanya pesaing menjadikan kita leih mudah dalam mengaplikasikan kalimat fastabikul khairat. Sehingga setidaknya dengan adanya pesaing yang digemari banyak orang, kita bisa mengoreksi diri dan memperbaiki diri agar kader-kader tertarik dan merasa nyaman. Bukan justru menghakimi. [esp]

0 comments:

Post a Comment

Terbanyak Dibaca

Sosok

Risalah

Catatan

Kabar

Halaman Dilihat