Lima Kata Mutiara Islam dari Hadits Rasulullah SAW.

Posted by KahfiMedia Tuesday, December 9, 2014 0 comments


Kata mutiara Islam dari hadits Rasulullah SAW. merupakan pesan yang disampaikan Rasulullah tentang kehidupan sehari-hari. Di antara kunci kekuatan Islam yaitu umat ini memiliki seorang teladan dan ucapan serta perilakunya terekam dan diriwayatkan secara cermat melalui hadits-hadits sehingga seolah umat Islam menyaksikan sendiri bagaimana Rasulullah memberikan contoh.



Kata bijak dari Rasulullah tentu lebih patut untuk dihafal dan dijadikan pedoman ketimbang kata mutiara yang berasal dari selainnya. Meskipun dalam Islam diajarkan, kita bisa bisa mendapatkan memperoleh hikmah dari mana saja. Inilah kata-kata penuh hikmah yang diriwayatkan oleh para perawi hadits.

1.    Tentang ukhuwah dan persaudaraan
“Seorang Mukmin terhadap Mukmin lainnya seumpama bangunan saling mengokohkan satu dengan yang lain.” (Kemudian Rasulullah Saw., merapatkan jari-jari tangan beliau). (Muttafaq’alaih)
2.    Keutamaan sedekah
“Jauhkan dirimu dari api nerka walaupun hanya dengan (shadaqah) sebutir kurma.” (Muttafaq’alaih)
3.    Keutamaan shalat wajib lima kali sehari
“Perumpamaan shalat lima waktu seperti sebuah sungai yang airnya mengalir dan melimpah dekat pintu rumah seseorang yang tiap hari mandi di sungai itu lima kali.” (HR. Bukhari dan Muslim)
4.    Tidak peduli harta halal atau haram
“Akan datang bagi manusia suatu jaman dimana orang tidak peduliu apakah harta yang diperolehnya halal atau haram.” (HR. Bikhari)
5.    Jujur dalam berdagang

“Berhati-hatilah, jangan kamu banyak bersumpah dalam penjualan. Itu memang melariskan jualan tetapi menghilangkan barokahnya.” (HR. Muslim)

0 comments:

Post a Comment

Terbanyak Dibaca

Sosok

Risalah

Catatan

Kabar

Halaman Dilihat